Tentang "Tumblr."

Say hallo dulu buat sobat Fanblog, udah seminggu lebih saya ga posting. Kangeeen nih wkwk :D
Sebelum ngasih info “tentang Tumblr.” Saya mau tanya dulu nih. Diantara sobat FanBlog apakah ada yang sudah berkenalan dengan mini blog yang satu ini? Atau paling tidak sudah ada yang pernah dengar mungkin ya. Atau bahkan ada juga yang jadi sahabat setianya? Sebenarnya saya juga belum begitu kenal sih dengan sosial media yang satu ini. Setahun yang lalu, guru Pemrograman Web di sekolah mengenalkan saya pada salah satu jejaring sosial yang bernama Tumblr. Saat itu saya belum tau sedikitpun apa itu Tumblr.

 
Ternyata Tumblr ini merupakan salah satu layanan mikroblog yang memungkinkan penggunanya mengirimkan konten multimedia dalam bentuk blog pendek. Saat itu situs ini belum begitu terkenal di Negara kita ini.  Namun katanya, di luar negeri sana situs ini sudah menjadi hal yang mainstream. Ya seperti halnya twitter, Tumblr. Ini menggunakan sistem follow. Dimana antar penggunanya bisa saling mengikuti. Fitur webnya diakses dari antarmuka atau disebut Dashbor yang terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat post dari blog yang diikuti.
Menurut Wikipedia.com pada tahun 2013, Tumblr memiliki 108 juta lebih pengguna. Tahun ini pasti penggunanya terus bertambah dan bertambah lagi ya sobat FanBlog. Kemudian pada tanggal 21 Mei 2013, Tumblr diakuisisi oleh Yahoo. Sobat FanBlog tau berapa harganya? Nih saya kasih tau yah he. Yahoo mengakuisisi tumblr dengan nilai $1,1 miliar.
Mengurai sejarah singkat awal mula Tumblr yang saya baca di Wikipedia, Tumblr diciptakan oleh seorang pengusaha internet muda berumur 19 tahun yang bernama David Karp di Jepang pada tahun 2007. Kemudian ia menemukan satu kata baru yang digunakan pada layanan Tumblr yaitu “Tumblelog” yang berarti bentuk pendek dari blogging atau mengarah ke dalam bentuk miniblog. Berbeda dengan blog-blog lain yang ada saat itu, layanan ini hanya bisa mengirimkan satu kalimat pendek saja. Kemudian David Karp satu tahun menunggu agar pengguna bisa mengatur sebuah platform. Akhirnya ia turun tangan sendiri dan berhasil menyelesaikan rencananya tersebut. Akhirnya pada tanggal 1 November entah tahun berapa yang tepatnya, Tumblr ini diluncurkan.
Ya itulah sobat FanBlog sekilas tentang Tumblr. Yang saya ketahui. Sobat FanBlog bisa simak juga artikel tentang kelebihan dan kekurangan Tumblr untuk lebih menambah pengetahuan tentang Tumlr. Semoga bermanfaat da terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment