Mengubah Template Blog

Hallo.. bagi Anda sobat Fanblog yang masih kebingungan bagaimana cara mengubah tampilan blog atau template, disini saya akan kasih tahu cara-caranya nih. Sebelum itu, Anda harus punya desain templatenya. Template bisa Anda desain sendiri, bisa juga download disitus penyedia template gratis.
Berikut beberapa situs penyedia template blog gratis.

Template yang Anda download ini berupa file dalam ZIP atau RAR. Jika ingin memasangnya diblog, Anda harus mengubah file tersebut ke dalam file XML. Caranya klik kanan pada file lalu pilih ekstrak. Pada file hasil ekstraksi akan ada satu file dengan ekstensi file .xml. file ini yang dapat Anda upload untuk mengganti template blog Anda. Setelah itu Anda sudah bisa mulai ke tahap mengganti template blog. Berikut ada dua cara untuk mengganti template. Yuk disimak!

Cara yang pertama:

  1. Login ke akun blog Anda.
  2. Anda akan diarahkan ke halaman home, lalu klik Template.
  3. Klik cadangkan/pulihkan yang ada di sebelah pojok kanan atas layar.
  4. Masukan template yang sudah Anda ekstrak tadi dengan cara klik Choose File lalu klik Unggah.
  5. Tunggu hingga proses selesai. Lalu klik Lihat Blog untuk mengecek blog Anda.


Cara yang kedua:

  1. Buka file .xml hasil download tadi, caranya klik kanan lalu pilih open with -> Notepad atau Ms. Word yang akan menampilkan kode dari template.
  2. Copy semua kode tersebut. 
  3.  Login ke akun blog Anda.
  4. Pilih menu Template
  5. Klik tombol Edit Html
  6. Letakkan kursor pada kotak edit html terbaru lalu tekan ctrl+A untuk memblok semua kode kemudian tekan ctrl+V untuk mempaste kode .xml yang dicopy tadi.
  7. Klik pratinjau. Jika sudah benar, simpan perubahan.

2 komentar: